4.10.2008

banyak Jalan (Tikus) menuju YouTube


Jika pepatah mengatakan, "banyak jalan menuju ke Roma, maka pengguna Internet Indonesia ga mau kalah mengatakan, "banyak jalan (tikus) menuju ke Youtube".

Ada-ada saja akal-akalan pengguna Internet Indonesia, ketika aktifitasnya berselancar ke dunia maya terusik. Khususnya, ketika mereka sempat tak bisa mengakses sejumlah situs favorit mereka lantaran diblokir oleh ISP ataupun kantor mereka.mereka tidak putus asa, malah mencari akal bagaimana agar bisa lagi meakses situs favorite mereka. memang Orang Indonesia tuh kreatif, ga kehabisan akal,banyak cara untuk dilakukan.

Berbagai jurus akal-akalan untuk mencari "jalan tikus" tersebut dari teknik by-pass mudah menggunakan proxy hingga yang cukup teknis semisal HTTP tunelling. Seperti diskusi yang tampak di beberapa forum, sejumlah thread bertopik khusus nampak tengah menjadi primadona.

Misalnya thread yang berjudul 'tools pencari proxy', 'bagi-bagi fresh proxy', 'http tunelling untuk membuka situs', hingga 'internet tidak bisa diblokir, nikmati youtube dengan cara ini!'. Bahkan diantara thread-thread tersebut, ada yang memasukkan screenshot tutorial langkah-demi-langkah mencari dan menempuh 'jalan tikus' tersebut.