4.09.2008

Awas!! Layanan video sharing bisa menarik hacker

Sekarang ini, situs layanan video dan musik sharing tengah populer di kalangan pengguna Internet. Tapi awas, bisa-bisa hal itu dimanfaatkan hacker. :v

Menurut David Thiel, peneliti keamanan dari iSEC Las Vegas, program jahat dapat disembunyikan di balik video dan musik yang akan di-download atau diputar dari situs layanan sharing ini, seperti YouTube dan MySpace.
"Serangan seperti ini sangat potensial sekali. Di halaman MySpace yang kamu tuju bisa jadi kamu akan mulai melihat program jahat terinstall dengan cara ini," ujar Thiel, ketika berbicara di gathering Black Hat di Las Vegas.
Format video streaming memang sangat mendukung untuk disusupi kode-kode pengeksploitasi dan itu cukup berbahaya karena mudah tersebar oleh anak-anak yang sering online, imbuhnya.
Aplikasi yang mudah diserang 'dedemit' :v dunia maya ini, yaitu termasuk yang sering digunakan untuk file musik MP3 seperti software yang terdapat di Microsoft Xbox Live online video game.
Sementara itu menurut peneliti Websense Stephen Chenette, model web 2.0 lebih mempermudah pengguna Internet untuk melakukan serangan online.
Web 2.0 merupakan model terpercaya dimana pengguna yang mengontrol konten sehingga perlu diawasi.
Chenette juga meyakini, label rekaman musik dan studio film akan menggunakan celah di file media untuk memasukkan kode-kode yang dapat melacak atau men-disable lagu atau film bajakan.
Hal ini sekaligus untuk mengedukasi pengguna Internet dalam menghormati software yang dilindungi dan betapa berbahayanya mengendap-endap di dunia maya.
So' bagi para netter mulai sekarang harus berhati-hati, kalo bisa siapin jurus-jurus yang jitu untuk melawan para dedemit yang jahat ini. ;)
Dikutip dari DetikNEt.